Pages

Senin, 07 Januari 2013

Generasi Indonesia, Cintailah Negeri Ini!



Negara Indonesia, adalah negara yang memperoleh kemerdekaannya melalui perjuangan para pahlawannya. Selama 3 setengah abad Indonesia dijajah oleh Negara Belanda, dan selama 3 setengah tahun pula Indonesia dijajah oleh Negara Jepang. Fase-fase perjuangan para pahlawan tersebut dalam memerdekakan negara ini cukuplah menjadi contoh dan penyemangat bagi kita Rakyat Indonesia untuk selalu mencintai negeri ini.
Saat ini, tidak sedikit dari generasi-generasi Indonesia yang dalam diri mereka tidak memiliki rasa nasionalisme, bahkan tidak paham apa itu nasionalisme. Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah Negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.

Nasionalisme yang merupakan simbol dari cinta negeri, seringkali tidak diperdulikan oleh kebanyakan generasi Bangsa Indonesia, bahkan dari mereka sengaja tidak menumbuhkan rasa itu serta tidak menerapkan nasionalisme itu dalam kehidupan sehari-harinya dengan bermacam alasan, seperi gengsi, tidak gaul, dan sebagainya.

Seperti fakta-fakta yang sering terjadi di lapangan, saat ini masih banyak dari generasi Bangsa Indonesia yang lebih suka menghfalkan lagu-lagu barat, pop, dan lainnya daripada menghafalkan lagu-lagu wajib nasional ciptaan para pahlawan terdahulu. Masih ada pula remaja Indonesia yang tidak peduli terhadap jasa-jasa pahlawan terdahulu, seperti tidak tahu dan tidak mengerti apa itu pahlawan revolusi ?, siapa itu Jendral Soedirman ?, kapan itu hari pahlawan ?, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Juga tidak sedikit dari generasi-generasi Bangsa Indonesia yang tidak mengerti bagaimana karakter Bangsa Indonesia sebenarnya, walaupun di sekolahannya dipelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Mungkin hal ini dipicu oleh kurang kreatifnya guru-guru dalam menyampaikan bidang studi tersebut terhadap murid-muridnya. Kebanyakan para guru hanya mengajar dengan cara monoton dan terpaku pada satu buku paket saja, dari materi hingga ujian kompetensi. Jarang sekali yang dalam pengajarannya memberikan cerita-cerita terkait bangsa dan nasionalisme yang dapat memotivasi murid-muridnya untuk selalu mencintai negeri ini.

Bagi generasi-generasi Bangsa Indonesia mulailah mencintai negeri ini. Renungkanlah para perjuangan para pahlawan terdahulu, betapa sulitnya mereka mendapatkan kemerdekaan negara ini dari tangan penjajah. Seringlah membaca sejarah-sejarah mengenai bangsa ini, dan para pahlawannya, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang masih bisa mengenang perjuangan para pahlwannya. Juga bentengilah diri ini dari pengaruh-pengaruh budaya luar yang dapat melunturkan kecintaan kita pada negeri in. Apapun yang terjadi jangan sampai kehilangan cinta pada negeri ini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook