Pages

Minggu, 20 Maret 2011

Fenomena Supermoon


supermoon, di jakarta, 19 maret 2011
Sudah tahu kah anda, tentang istilah supermoon?, supermoon adalah istilah untuk bulan purnama yang ketika itu berada pada jarak terdekat dari bumi. Peristiwa itu terjadi kemarin malam (19/3) di seluruh dunia, pada saat terjadi fenomena supermoon, banyak orang di tanah air ini yang tidak melewatkan moment langka tersebut, tak hanya itu, berbagai macam media di negeri ini, berlomba-lomba dalam meliput berita terkait supermoon ini.

Jarak bulan pada saat terjadinya supermoon kemarin itu berjarak 356.577 km dari bumi, sebagaimana yang di katakan oleh BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Pada saat terjadinya supermoon, bulan pada saat itu terlihat lebih terang dan lebih besar 14 persen dari biasanya. BMKG juga mengatakan, supermoon ini tejadi di akibatkan oleh lintasan peredaran bulan dalam mengelilingi bumi berbentuk elips, dan supermoon ini terjadi setiap tahun. BMKG juga mencatat, supermoon yang terjadi di tahun ini bukanlah supermoon yang tebesar, akan tetapi supermoon yang terbesar adalah supermoon yang terjadi pada tahun 2008, yang pada saat itu jarak bulan ke bumi, berjarak 356.567 km.

Nah, itulah sekilas info yang mungkin dapat bermanfaat bagi  anda, serta dapat menambah wawasan anda akan alam ciptaan tuhan ini.

13 komentar:

  1. Sayang kemarin malam aku tak menyaksikannya.

    BalasHapus
  2. Dengan jarak sedekat itu, apakah bumi jadi semakin terasa panas?

    BalasHapus
  3. Shasa kok gak lihat juga ya kemarin malam?

    BalasHapus
  4. tapi dari semua itu ada mitos, sebelum super moon datang ada bencana besar contohnya tsunami jepang, dan dua minggu setelah tsunami aceh 2004 ada supermoon juga. MITOS

    BalasHapus
  5. the others: bukan panas tapi pengaruhnya pada bumi adalah pasangnya air laut,

    rahman: ahh, sesuatu yang cukup menyita waktu untuk berpikir. (MITOS)

    BalasHapus
  6. fenomena seperti itu memang selalu terjadi yang bisa menimbulkan pasang laut

    BalasHapus
  7. aku hanya sempat lihat , tapi masih jam 20.00 WITA, kelihatan sich lebih gede dari biasanya.

    makasih ya udah bertamu di rumah mbak, award nya boleh di boyong pulang dan di pajang disini kok , sbg awal persahabatan kita, smg menjadi penyemangat nge blog. OK ..!!!

    BalasHapus
  8. wah,ane gak lihat,thank info ya.klu ada waktu kunjungi blog ane ya

    BalasHapus
  9. Wah, saya malah baru tahu informasinya sekarang ( kemana saja ya? hehehe ). tapi kalau tanggal 19 kemarin daerah Tangerang hujan turun dengan deras, jadi sepertinya bulan malah sama sekali nda terlihat.

    BalasHapus
  10. itulah fenomena alam... yg langka!

    BalasHapus

Facebook