Pages

Minggu, 06 Februari 2011

Antara Malam Imlek di Pontianak dan di Pesantren Sangat Berbeda Sekali



malam imlek di jl.gajah mada Pontianak.


Tahun baru imlek adalah tahun yang sangat di nanti-nanti kedatangannya oleh para masyarakat etnis tionghoa di seluruh penjuru dunia, salah satunya di Pontianak Kalimantan Barat, tepatnya di jalan Gajah Mada. Bukan jalan Gajah Mada namanya bila tidak merayakan tahun baru imlek secara besar-besaran dan meriah. Seperti malam imlek saja, jalan Gajah Mada berubah menjadi jalan yang penuh dengan kembang api yang berterbangan indah sepanjang malam. Di sepanjang jalan yang kebanyakan di tempati oleh etnis tionghoa itu pun menjadi berwarna oleh sinar-sinar terang kembang api yang terus meroket. Suasana kota yang sebelumnya biasa, berubah menjadi ramai, seluruh orang-orang keluar rumah memenuhi jalan demi melihat keindahan pesta kembang api di malam tahun baru imlek itu. Dari anak-anak, remaja, bapak-bapak, dan ibu-ibu, baik etnis tionghoa atupun non tionghoa semuanya larut dalam kemeriahan tahun baru imlek.

Lain halnya malam imlek di pesantren, sangat berbeda sekali dengan suasana malam imlek di jalan Gajah Mada itu. Tanda-tanda akan adanya perayaan imlek di pesantren pun tidak nampak sama sekali, para santri pun mayoritas tidak tahu kalu hari itu malam tahun baru imlek, beda halnya dengan jalan Gajah Mada yang penuh dengan gemerlap sinar kembang api yang bersinar, di pesantren malah dipenuhi dengan orang-orang yang sibuk mengaji, sekolah, ibadah, dan kegiatan lainnya, imlek sebagai hari libur nasionalpun seolah-olah bukan menjadi hari libur nasional di pesantren, semua sekolah di pesantren tetap mewajibkan siswanya sekolah. 

Itulah pesantren, yang sangat unik sekali!, hari libur tak menggoyahkan para santri untuk meresap madu ilmu sebanyak-banyaknya. Kita harus bersyukur, bahwa negeri ini masih memiliki tempat untuk para bibit-bibit unggul yang sungguh-sungguh dalam mencari ilmu. So.... imlek day is hollyday for you all, no for me in islamic boarding schhool (pesantren).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook