Pages

Minggu, 13 Februari 2011

Iksass Kalimantan di Final Fassah

 
 
 
 
Perhelatan final FASSAH di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo di sambut meriah oleh para santri, semuanya antusias menanti penampilan para idolanya. Final yang dihelat pada kamis malam (10/2) tersebut menampilkan dua kategori lomba, yaitu lomba berzanji bernada, dan syi’ir bernada. Adapun dua lomba tersebut di ikuti oleh para finalis yang diutus dari IKSASSnya masing-masing.

Ada beberapa kelompok finalis yang ikut tampil di perhelatan final FASSAH itu, salah satunya kelompok finalis utusan dari IKSASS Kalimantan, dengan kategori lomba berzanji bernada, kelompok berzanji bernada yang diberi nama Sultan Syarief Abdurrahman tersebut mendapat nomor  undi terakhir yaitu sembilan sesuai undian yang telah dilakukan untuk giliran tampil di ajang final tersebut.

Persiapan-persiapan jauh hari sebelumnya pun telah dilakukan demi suksesnya penampilan kelompok berzanji Sultan Syarief Abdurrahman itu, diantaranya; latihan yang sungguh-sungguh, pemilihan kostum, hingga pembuatan miniatur Tugu Khatulistiwa yang menjadi  icon kota pontianak itu.

Setelah lama menunggu, akhirnya finalis dari lomba berzanji yang diberi nama Sultan Syarief Abdurrahmanpun dipanggil untuk tampil di atas pentas yang telah disediakan. Semua alat musik pun di gotong menuju pentas, serta tak lupa pula miniatur icon kota pontianak itu, tugu khatulistiwa, yang telah dibuat untuk menyempurnakan penampilan kelompok berzanji Sultan Syarief Abdurrahman.
   
Setelah semuanya siap, bel pun berbunyi untuk yang pertama kalinya, pertanda lomba dimulai, alat musikpun dimainkan, diikuti oleh suara vokalis yang begitu merdu dalam malantunkan shalawat berzanji. Sorak-sorai dari pendukung pun tak terelakkan, seketika suasana di lokasi lomba menjadi meriah, semua anggota IKSASS Kalimantan tiada hentinya memberikan dukungan serta senyuman untuk sang finalis yang sedang konsentrasi dalam memainkan alat musik tradisional itu.

Setelah berselang beberapa menit, bel yang kedua pun dibunyikan mengindikasikan bahwa waktu yang telah disediakan untuk penampilan kelompok finalis Sultan Syarief Abdurrahman itu telah habis. Sebelum turun dari pentas, para pemain musik memainkan musik untuk yang terkhir kalinya, untuk menutup penampilannya itu. Setelah musik penutupan rampung, para peserta kelompok berzanji Sultan Syarief Abdurrahman pun turun dari pentas, diikuti oleh senyum lega mereka, yang tiada hentinya tersungging dibibirnya.

Penampilan mereka yang begitu sukses, semakin meyakin mereka untuk mendapatkan juara, yang akan diumumkan keesokan harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook